KABUPATEN CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 di lapangan Ranggajati Sumber, Kamis (17/8/2023). Pada upacara peringatan tersebut, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron.,M.Ag menjadi pembina upacara.

Tampak hadir Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva'i., M.Pd., Anggota DPR RI, Ono Surono, jajaran Forkopimda, anggota DPRD Kabupaten Cirebon, para kepala perangkat daerah, instansi terkait dan para veteran.

Dalam sambutannya, Bupati Imron mengatakan, momentum pagi ini merupakan yang paling membahagiakan bagi seluruh bangsa Indonesia, termasuk kita yang berada di lapangan upacara Kabupaten Cirebon.

"Karena dalam suasana jiwa yang segar dan raga yang sehat, kita semua dapat hadir bersama, untuk menyelenggarakan satu upacara yang paling penting dalam kedudukan kita sebagai warga Negara Republik Indonesia, yaitu upacara peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Imron.

Imron mengungkapkan, bahwa pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan syuhada pembela tanah air, berisikan amanat luhur kepada generasi penerus, agar momentum kemerdekaan dapat dipelihara dan diisi dengan aktivitas yang positif. 

"Tujuan utama kemerdekaan adalah terciptanya tatanan masyarakat yang maju dan sejahtera, kehidupan bangsa yang cerdas, serta membina perdamaian dan keadilan sosial dalam pergaulan dunia yang makin bersahabat sebagaimana yang termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945," kata Imron.

"Yang berisikan: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," lanjutnya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan,l. Maka, salah satu tindakan yang paling terpuji adalah melalui pengisian kemerdekaan dengan gerakan pembangunan.

"Strategi peningkatan kesejahteraan yang telah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon merupakan langkah yang tepat untuk bisa membawa masyarakat berada pada suasana kehidupan yang lebih sejahtera," sambung Imron.

Lebih lanjut, Imron mengatakan, kita sekarang yang berada di masa ini berkewajiban untuk melanjutkan perjuangan generasi pendahulu, sekaligus menanggung konsekuensi perjuangan yang sesuai dengan jamannya. 

"Mari kita hadapi berbagai hambatan, gangguan dan tantangan dengan memperteguh semangat untuk terus berjuang. Mari kita bahu-membahu dan bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat, bangsa Indonesia," tambahnya.

"Mari kita susun kekuatan, agar kita dapat melangkah maju dan lebih maju untuk menyelesaikan pekerjaan rumah menuju cita-cita mewujudkan masyarakat sejahtera sesuai amanat kemerdekaan, yakni terselenggaranya kesinambungan sendi-sendi perekonomian, khususnya di Kabupaten Cirebon," pungkas Imron. (DISKOMINFO)