KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag secara resmi menutup Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-49 tahun 2023 di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Kamis malam (14/9/2023).

Imron mengaku merasa bangga dan mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan MTQ ke-49 tahun 2023 alhamdulillah berlangsung sukses, aman dan terkendali tanpa halangan suatu apapun. Ini merupakan wujud besar komitmen semua unsur yang terkait terhadap pembangunan etika moral spiritual sebagai pondasi dalam membangun karakter masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya generasi muda kita," ujar Imron.

"Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa Qur'ani, yang berakhlakul karimah dan berilmu amaliyah serta beramal ilmiah berlandaskan Al Qur'anul Karim," sambungnya.

Imron mengatakan, para juara MTQ ini, nantinya akan dikirim sebagai Kafilah Kabupaten Cirebon untuk mengikuti ke jenjang MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Pesan saya, gunakan waktu sebaik mungkin untuk terus berlatih, agar dalam event MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat nanti bisa menghasilkan prestasi yang gemilang," katanya.

Ia mengungkapkan, MTQ sepatutnya mampu menggugah dan menjadi daya tarik, serta ruang tersendiri bagi masyarakat, sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk terus mempelajari Al Qur'an.

"Melalui MTQ, saya harap dapat dijadikan sebagai ruang dan media dakwah serta syiar keagamaan yang efektif. Karena secara nyata, telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di Kabupaten Cirebon," harap Imron.

Menurut Imron, ditengah derasnya arus media sosial, disatu sisi berdampak positif dan disatu sisi lainnya berdampak negatif, seperti memudarnya nilai-nilai agama dan terkikisnya nilai moral bangsa.

Sehingga, mengakibatkan sebagian masyarakat bingung serta terjerumus ke dalam sudut-sudut yang mengkotak-kotakkan agama, dan menggeser peradaban bangsa.

"Pelaksanaan kegiatan MTQ ini, menjadi sebuah upaya dalam membentuk karakter generasi muda Kabupaten Cirebon yang unggul berkarakter, religius, berbudaya, kreatif, dan inovatif," ungkap Imron.

"Sehingga, kita harus mampu memaknai kegiatan MTQ ini sebagai sarana membiasakan generasi muda untuk mencintai, memahami, dan menerapkan nilai-nilai Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.

"Mari bersama untuk membentuk kepribadian generasi muda yang modern, beradab, dan berakhlaqul karimah sedikit demi sedikit dapat terwujud," imbuhnya.

MTQ ke-49 tahun 2023 kali ini, Kecamatan Sedong menjadi juara umum, sedangkan Kecamatan Pasalaeman dipercaya untuk menjadi tuan rumah MTQ ke-50 tahun 2024 tingkat Kabupaten Cirebon. (DISKOMINFO)